Rabu, 22 Mei 2013

PADA KALI INI SAYA KAN MEMBAHAS TENTANG MATERING PADA KAMERA

HAy kawan ketemu lagi pada postingan kali ini saya akan membahas teetang matering.

Pengertian matering atau sering disebut dengan ligh  meter dapat diartikan sebagai pengukur pencahyaan yang disediakan oleh kamera untuk meudahkan kita dalam memotrait yang terdapat pada lcd kamera atau di dalam view finder denagn light meter lkita tidak perlu menebak" kayak zaman dulu lagi. klu zaman dulu kan kita ribet harus bisa membaca cahaya contoh aja ini berapa ya nilai f nya, shufter speednya berapa ya, saya memakai iso berapa ya, klu zaman sekarang enak tinggal dilihat dari light meter sudah beres hehye

Ligt meter dibagi menjadi beberapa jenis:\
1. Evaluative/ multi segment
mode pengukuran ini umum dipergunakan karane bisa digunkan dalama berbagai jenis pemotretan, karena kamera mengukur hampir 95 persen bagian bidang foto, mode inii dapat diandalkan dal pemotretan indor maupun outdor bahkan pada situasi back light, mode ini sering disebut juga mode all around metering karena hampir bisa digunakan di semua situasi.
2. Partial Matering
mode ini hanya mengukur hanya dari bagian tengah area yang telihat di view finder sekitar 9% dan akan mengabaikan area diluar itu, sehingga cocok digunakan untuk mengatasi terang dari belakang objek foto (backligt). disarankan agar berhati" sobat jika kalian menggunakan matering ini karena  objek diluar area bisa terang karena matering inii hanya mengukur objek yang akan di foto saja.
3. Spot Matering
mode ini hampir sama dengan partial tapi bedanya matering ini lebih kecil lagi bindang yang diukur hanya sekita 38% dari  bidang foto dan mengabaikan sisa area lainya. disarankan agar sobat berhati-hati jika menggunakan matering ini karena meleset dikit pengukurannya akan menghasilkan gambar yang under dan over tidak semua kamera digital mempunyai matering ini karena ini cukup baru jenis matering ini, diperuntunkan untuk memotrait foto yang perbedaan gelap terangnya sangat kontras.
5. CEnter weight/average Metering
Mode ini hanya memprioritaskab pengukuran hanya pada bagian tengah bidang foto saja. mode matering ini lebih cocok unutk memoitrait wajah.

CONTOH GAMBAR

INI CONTOH MENU DI CANON

 INI CONTOH DI KAMERA NIKON



INI CONTOH BENTUK JENIS MATERINGNYA.



0 komentar:

Posting Komentar