Rabu, 22 Mei 2013

Cara membuat foto jurnalistik yang baik dan benar.


Cara membuat foto jurnalistik yang baik dan benar.

FOTO JURNALISTIK YANG BAIK HARUS MENGANDUNG EDFAT DAN 5w (What,where,who,when,why)

Dalam foto jurnalistik harus mengandung 5w 

5w yaitu what, when,where,who,why

-What Apa sie yang kita photo.?
-When Kapan sie foto ini diambil.?
-Where Dimana sie foto ini diambil.?
-Who Siapa sie yang kita potrait.?
-Why Kenapa sie harus photo objek ini.?

Sekilas semacam itulah foto essay jurnalistik yang bagus dan benar harus mengandung dua teori ini EDFAT dan 5w jadi yang ngelihat foto kita tanpa melihat caption kita mereka sudah bisa menyimpulkan apa maksud foto kita.


Edfat adalah singkatan dari Entire, Detail, Framing, Angle, Time.

Entire adalah keseluruhan Dikenal juga sebagai ‘established shot’, suatu keseluruhan objek pemotretan yang dilakukan untuk memberikan informasi tentang penegasan tempat, dan sebagai kerangka foto kita untuk jenjang pemotretan berikutnya.

Detail adalah detail foto Suatu pilihan atas bagian tertentu dari keseluruhan pandangan terdahulu (entire). Tahap ini adalah suatu pilihan pengambilan keputusan atas sesuatu yang dinilai paling tepat sebagai ‘point of interest’

Framing adalah framming detail (komposisi) Suatu tahapan dimana kita mulai membingkai suatu detil yang telah dipilih. Fase ini mengantar seorang calon foto jurnalis mengenal arti suatu komposisi, pola, tekstur dan bentuk subyek pemotretan dengan akurat. Rasa artistik semakin penting dalam tahap ini. 
Seperti : foto dalam bentuk Horizontal dan Vertikal

Angle adalah sudut pandang Tahap dimana sudut pandang menjadi dominan, ketinggian, kerendahan, level mata, kiri, kanan dan cara melihat. Fase ini penting mengkonsepsikan visual apa yang diinginkan. Seperti eye engle, low engle dan high engle.


Time adalah waktu Tahap penentuan penyinaran dengan kombinasi yang tepat antara diafragma dan kecepatan atas ke empat tingkat yang telah disebutkan sebelumnya. Pengetahuan teknis atas keinginan membekukan gerakan atau memilih ketajaman ruang adalah satu prasyarat dasar yang sangat diperlukan dan bisa juga diartikan tamming saat memotret atau bisa disebut diamana kita dapat menentukan moment atau waktu yang tepat untuk memotret.
'
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTINGAN SAYA KLU ADA YANG KURANG PAS DALAM PENULISAN MOHON DIBENARKAN YA. terima kasih SALAM ART.

0 komentar:

Posting Komentar